Syarat-Syarat dan Ketentuan-Ketentuan

1. DEFINISI

BANKKU adalah aplikasi layanan online simpan dan pinjam yang sangat mudah digunakan untuk seluruh transaksi.

PARTNER atau ANGGOTA atau USER adalah orang yang telah mengunduh BANKKU app dan melakukan registrasi.

TRANSACTION adalah histori dari transaksi yang dilakukan partner.

TRANSACTION SUCCEED adalah pengurangan BALANCE atau penambahan BALANCE pada akun partner setiap partner melakukan transaksi.

PIN NUMBER adalah nomor yang terdiri dari 6 angka yang digunakan untuk autorisasi setiap transaksi. 

BALANCE adalah sisa uang yang tersimpan di akun partner.

AVAILABLE adalah sisa uang yang dapat dipinjam oleh partner.

SIMPAN adalah layanan untuk menambah BALANCE di akun partner.

PINJAM (GET MONEY) adalah layanan meminjam uang tanpa jaminan untuk menambah BALANCE di akun partner.

SAVING adalah layanan simpanan dalam jangka waktu tertentu dan dengan imbal hasil yang telah ditentukan.

FiXED adalah layanan simpanan dalam jangka waktu tidak terbatas dengan imbal hasil yang akan ditentukan kemudian.

WEALTH adalah layanan simpanan dalam jangka waktu tidak terbatas dengan imbal hasil yang akan ditentukan kemudian.

QUICK adalah untuk melakukan pengiriman uang ke sesama partner secara realtime dengan scan qr code.

TRANSFER adalah untuk mengirim uang ke sesama partner dengan menggunakan nomor telepon/ nomor akun.

RECEIVE adalah untuk menerima uang dari orang lain dengan scan qr code.

WITHDRAW adalah untuk menarik uang dari akun bankku ke akun bank lainnya.

CHANGE adalah untuk menggunakan voucher yang diterima dengan scan qr code.

CREDIT adalah untuk pengajuan kredit dengan jaminan, program kredit yang tersedia adalah mobil (credit car). motor (credit bike), property(credit home),  modal kerja (credit fexi).

THR adalah suatu terobosan baru untuk partner dalam mengelola pemberian maupun penerimaan pada hari raya. TRANSFER adalah untuk melakukan pengiriman uang ke sesama partner secara realtime dengan nomor telepon.

INSURANCE adalah untuk mengisi formulir untuk proses selanjutnya.

PULSA adalah layanan untuk membeli pulsa elektronik semua provider seluler di Indonesia.

VOUCHER adalah untuk membeli voucher untuk orang lain dan juga untuk meggunakan voucher yang diterima dari orang lain. 

Know your customer (KYC) adalah proses untuk mengenal partner yang bisa dilakukan dengan tatap muka dan merekam data partner.

1a. SAVING

  • Bunga akan ditransfer ke rekening anggota BANKKU setiap bulannya.

  • Pokok akan automatis diperpanjang sesuai dengan jangka waktu yg dipilih pertama kali dan bunga yg berlaku saat perpanjangan automatis.

  • Saving hanya dapat dicairkan pada saat jatuh tempo, atau sesuai kebijaksanaan management, dalam hal mana bunga tidak dibayar dan denda akan dikenakan.

  • Partner mengakui, menerima dan setuju apabila bunga melebihi ketentuan yang berlaku di Indonesia, maka tidak termasuk dalam program penjaminan simpanan LPS

  • Partner mengakui, menerima dan setuju untuk melepaskan BANKKU, CIS, dan management setiap waktu dan dari waktu ke waktu dari seluruh tuntutan, klaim, proses hukum, kehilangan, kerugian, biaya-biaya dan pengeluaran-pengeluaran yang mungkin diajukan terhadap perusahaan dan management atau mungkin ditanggung atau dikeluarkan oleh perusahaan dan mangement yang timbul dari atau sehubungan dengan tidak terlindunginya Simpanan Partner sebagaimana tersebut tidak dalam program penjaminan simpanan LPS

1b. FIXED atau WEALTH

Kerjasama FIXED dengan Partner akan menaruh dana pada instrumen keuangan seperti obligasi dan surat utang

Kerjasama WEALTH dengan Partner akan menaruh dana pada saham-saham perusahaan baik Public maupun Private

Setiap Partner akan mendapatkan 6% per tahun jika return yang didapat diatas 6% per tahun

Berikut contoh dari kerja sama FIXED atau WEALTH (semua percentase adalah per tahun):

  • Jika return 6%, partner akan mendapatkan 6%, dan management mendapatkan 0%

  • Jika return 10%, partner akan mendapatkan 6 % dan sisanya 4 % akan dibagi 75% untuk partner dan 25% untuk management

  • Jika return dibawah 6%, partner akan mendapatkan dibawah 6%, dan management tetap 0%

  • Jika return minus 10%, partner akan mendapatkan minus 10%, dan management tetap 0%

       

        Table kerja sama FIXED atau WEALTH 

Return Partner Management
6% 6% 0%
>6% 6% + 75% lebihnya 25% lebihnya
<6% <6% 0%
minus minus 0%

Partner mengakui, menerima dan setuju untuk melepaskan BANKKU, CIS, dan management setiap waktu dan dari waktu ke waktu dari seluruh tuntutan, klaim, proses hukum, kehilangan, kerugian, biaya-biaya dan pengeluaran-pengeluaran yang mungkin diajukan terhadap perusahaan dan management atau mungkin ditanggung atau dikeluarkan oleh perusahaan dan mangement yang timbul dari atau sehubungan dengan tidak terlindunginya Simpanan Partner sebagaimana tersebut tidak dalam program penjaminan simpanan LPS

2. PARTNER

  • Semua partner dapat menggunakan layanan dari BANKKU app

  • Semua partner telah setuju untuk menjadi Anggota/Anggota Luar Biasa dari Koperasi Centra Indo Sejahtera

  • Semua partner dapat keluar secara sukarela atau ditentukan oleh admin (managemen)

  • Seluruh kehilangan data ketika partner melakukan perubahan pada data diri atau password merupakan tanggung jawab partner sepenuhnya.

3. SYARAT MENJADI PARTNER, PARTNER LUAR BIASA dan PARTNER BIASA/TETAP

Seluruh Partner harus menggunakan Android smartphone yang terhubung dengan koneksi internet

Seluruh Partner harus memiliki nomor telepon seluler dan alamat email yang aktif

Seluruh Partner telah membaca, mengerti, dan menyetujui seluruh syarat-syarat dan ketentuan yang berlaku 

Seluruh Partner telah membaca, mengerti, dan menyetujui Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD ART) Koperasi Central Indo Sejahtera

Partner Tetap harus menyetor minimal Rp 50.000 sebagai Simpanan melalui SIMPAN

Partner Tetap harus memiliki saldo minimal Rp 50.000

Partner Tetap akan dikenakan biaya sebesar Rp 50.000 untuk mengakhiri status Partner Tetap

Partner Tetap akan menerima sisa hasil usaha setiap tahunnya dari rata-rata simpanannya 

4. REGISTRASI PARTNER

Proses registrasi partner di BANKKU app adalah sebagai berikut

  • Partner mengunduk BANKKU app dari online play store.

  • Buka Bankku app

  • Masukkan Email Address.untuk verifikasi

  • Masukaan Nomor Telepon untuk verifikasi

  • Masukkan Nama 

  • Masukkan Password..

  • Masukkan Nomor PIN  (6 angka)

  • Masukkan verifikasi Nomor PIN

  • Lengkapi data KTP di Profile

  • Lengkapi data Bank Account di Profile

5. KEAMANAN

Keamanan dan pemakaian login password dan pin transaksi adalah sepenuhnya tanggung jawab partner.

Partner harus menyimpan alamat email, password, dan nomor pin untuk tidak diketahui oleh orang lain 

Partner harus mengganti nomor pin secara berkala

Nomor pin harus yang tidak mudah untuk ditebak 

Partner diberi kebebasan untuk megganti nomor pin kapan saja

Kalau telepon hilang partner harus segera mengganti nomor pin

Seluruh transaksi, komunikasi, dan instruksi dari aplikasi BANKKU oleh pihak-pihak lain yang tidak diinginkan adalah menjadi tanggung jawab partner sepenuhnya.Pemakaian Akun dan Nomor PIN yang tidak diinginkan adalah menjadi tanggung jawab Partner sepenuhnya.

Partner harus menjaga Telepon genggam dari pihak-pihak yang berbahaya maupun aplikasi yang berbahaya (virus, malware, trojans, etc.) baik sebelum dan setelah menginstall BAnKKU app.

Segala kehilangan yang disebabkan oleh pihak-pihak berbahaya maupun aplikasi yang berbahaya adalah menjadi tanggung jawab Partner sepenuhnya.

6. PEMAKAIAN APLIKASI BANKKU 

BANKKU akan hanya digunakan oleh partner yang berhak yang telah melakukan registrasi dan terdaftar di database BANKKU dengan nomor telepon dan alamat email yang telah diverifikasi.

Segala kehilangan karena penggunaan aplikasi BANKKU oleh pihak-pihak yang tidak diinginkan adalah menjaddi tanggung jawab Partner sepenuhnya.

Partner dapat menggunakan aplikasi BANKKU hanya dan hanya untuk hal-hal yang diperbolehkan di Indonesia.

Partner wajib mengisi data dengan baik dan benar untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

BANKKU tidak bertanggung jawab atas segala bentuk kejadian yang disebabkan karena data yang dimasukkan partner salah, tidak lengkap, tidak jelas, ataupun tidak komplit

Partner memiliki kesempatan untuk mengecek, membetulkan dan/atau membatalkan data yang dimasukkan sebelum konfirmasi transaksi.

Jika partner telah yakin dengan keabsahan data yang dimasukkkan, maka partner dapat memasukkan nomor PIN untuk proses autorisasi.

Pemakaian Akun dan Nomor PIN mempunyai kekuatan hukum yang sama dengan instruksi tertulis yang ditanda tangani basah oleh Partner. Maka dari itu Partner menyatakan bahwa seitap penggunaan Akun dan Nomor PIN di setiap instruksi di BANKKU app mempunyai kekuatan hukum untuk melakukan transaksi termasuk memotong balance baik untuk transaksi maupun untuk biaya transaksi.

Segala bentuk transaksi yang telah dilakukan di BANKKU tidak dapat dibatalkan.

Semua transaksi akan dicatat di dalam database BANKKU dan menjadi dasar yang memperbolehkan BANKKu untuk menjalankan transaksi

BANKKU mempunyai hak untuk tidak menjalankan transaksi jika

  • Balance tidak cukup

  • BANKKU mengetahui atau mempunyai alasan-alasan untuk menetapkan transaksi yang telah dilakukan atau akan dilakukan adalah bentuk penipuan atau kejahatan atau yang tidak diperbolehkan sesuai hukum yang berlaku di Indonesia

Sebagai bentuk bukti transaksi yang dilakukan partner di BANKKU, partner dapat mengakses TRANSACTION Tab di dalam aplikasi BANKKU atau dikirimkan melalui email yang terdaftar.

Parner mengakui, menerima, dan setuju bahwa

  • Seluruh transaksi yang dilakukan di aplikasi BANKKU dan seluruh komunikasi instruksi yang diterima BANKKU adalah dokumen dan tanda tangan elektronik yang mempunyai kekuatan hukum yang sama dengan dokumen yang tertulis dan/atau tanda tangan basah.

  • Dokumen tertulis dan tanda tangan basah tidak diperlukan.

  • Bukti transaksi dan komunikasi yang dilakukan oleh partner akan dicatat secara elektronik di database BANKKU, baik dalam dokumen tertulis, catatan, hasil print, atau formulir, yang merupakan bukti yang berkekuatan hukum yang tidak bisa disangkal atau ditolak tentang kebenerannya, keabsahannya, dan keasliannya.

  • Formulir atau dokumen yang dikirim akan diproses oleh pihak BANKKU.

  • Semua contoh kalkulasi adalah hanya contoh dan tidak bisa dijadikan acuan dari hasil yang akan didapat.

  • Partner memberikan hak yang penuh kepada BANKKU untuk mengurangi balance akun setiap partner untuk menjalankan instruksi dari partner melalui aplikasi BANKKU.

  • Partner akan melepaskan BANKKU, CIS, dan management setiap waktu dan dari waktu ke waktu dari seluruh tuntutan, klaim, proses hukum, kehilangan, kerugian, biaya-biaya dan pengeluaran-pengeluaran yang mungkin diajukan terhadap perusahaan dan management atau mungkin ditanggung atau dikeluarkan oleh perusahaan dan mangement yang timbul dari atau sehubungan dengan tidak terlindunginya Simpanan Partner sebagaimana tersebut tidak dalam program penjaminan simpanan LPS

7. PELAYANAN DAN SOLUSI KOMPLAIN/PERMASALAHAN

Untuk setiap masalah yang terjadi atas transaksi dan/atau aplikasi BANKKU, partner akan menghubungi BANKKU melalui email, telepon, atau datang langsung ke kantor.

Dalam menindaklanjuti masalah yang terjadi, BANKKU akan melakukan investigasi secara internal maupun eksternal.

Partner menerima dan setuju bahwa segala permasalahan yang terjadi akan diselesaikan secara musyawarah dan kekeluargaan.

8. KOMPLAIN PROVISI

Partner dapat memasukkan komplain dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Jangka waktu selambat-lambatnya 7(tujuh) hari kerja sejak terjadinya transaksi.

  • Pengembalian dana hanya bisa dilakukan jika dan hanya jika pihak penerima setuju untuk mengembalikan dana tersebut dan akun pernerima masih aktif..

9. BIAYA-BIAYA

Biaya yang dibebankan oleh provider telekomunikasi atau jasa pihak-pihak lain yang digunakan oleh partner diantaranya 

  • Biaya Admin
  • Biaya Provisi
  • Biaya Bunga
  • Biaya Pajak
  • Biaya lainnya 

Partner setuju untuk memberikan hak penuh kepada BANKKU untuk mengurangi balance secara langsung untuk biaya-biaya yang dikenakan.

10. Detil Pemberian Ijin
 

CAMERA

Mengambil gambar dan video

CONTACT

Membaca, mencari, dan melacak kontak Anda 

LOCATION

Akses lokasi akurat (berbasis jaringan dan GPS)

LOG PANGGILAN

Membaca log panggilan

PONSEL

Baca identitas dan status ponsel

Memanggil langsung nomor-nomor telepon 

SMS

Terima pesan teks (SMS)

Membaca pesan teks (SMS atau MMS) Anda

PENYIMPANAN

Mengubah atau menghapus isi penyimpanan SD cards/USB

Membaca konten simpanan SD cards/USB Anda

LAINNYA

Menerima data dari internet

Mencegah ponsel menjadi tidak aktif

Membaca Konfigurasi Google Service 

Mengontrol vibrasi

Melihat sambungan jaringan / Wi-Fi

Mendapatkan akses jaringan penuh

11. LAIN-LAIN

BANKKU mempunyai hak untuk memberhentikan atau menutup fasilitas akun BANKKU untuk jangka waktu yang tidak ditentukan yang diputuskan oleh BANKKU untuk mengupgrade, proses maintenance, atau untuk tujuam-tujuan lainnya.

Syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan ini berlaku bagi seluruh pemakai dan pengguna aplikasi BANKKU

BANKKU mempunyai hak sepenuhnya untuk merubah, menambahkan, atau mengurangi syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan bilamana dianggap perlu

Jika ditemukan bahwa ada aspek-aspek yang tidak valid dalam syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan ini, maka aspek-aspek yang tidak valid tersebut tidak mengurangi keabsahan atau tidak menyebabkan batalnya syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan lainnya, maka dalam hal tersebut syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan lainnya akan tetap berlaku dan mengikat.